Rektor IPB Tinjau Kebun Percobaan Pasir Sarongge

Kebun percobaan IPB di Pasir Sarongge merupakan salah satu pusat unggulan IPB dalam budidaya tanaman hortikultura. Lokasinya yang berada di dataran tinggi Cianjur menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat budidaya tanaman sayuran. Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di Kebun Percobaan Pasir Sarongge diantaranya adalah kebun di lahan terbuka, screenhouse dan greenhouse yang dilengkapi dengan kendali nutrisi. 

Luas kebun percobaan IPB Pasir Sarongge adalah 71.265 meter persegi (m2) dengan rincian : kebun percobaan Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Fakultas Pertanian (Faperta) seluas 40.000 m2, kebun percobaan Departemen Proteksi Tanaman, Faperta seluas 3.625 m2 dan Agribusiness and Technology Park (ATP) seluas 28.000 m2.

Selain itu, pasir sarongge juga memiliki packing house dan fasilitas pendukung lainnya untuk kegiatan bisnis dan diseminasi teknologi kepada masyarakat. Rektor IPB Dr. Arif Satria pada 30 Maret 2023 meninjau fasilitas untuk dilakukan perbaikan pasca gempa Cianjur sebagai upaya recovery fasilitas. Kunjungan rektor IPB juga dilakukan dalam rangka penyerahan bingkisan kepada masyarakat disekitar kebun percobaan Pasir Sarongge IPB. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *